Artificial intelligence pada Spotify!

Hello there, how are you?

Lets talk about the magical thing of human beings. What is it?

Ini merupakan teknologi baru yang sangat menarik dan ajaib, biasanya disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Apa itu Artificial intelligence?
Menurut wikipedia AI didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah,artinya AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin dan program komputer untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. 


Disini bakal ngebahas salah satu aplikasi yang mempunyai AI, aplikasinya adalah spotify. Anak – anak millenial seperti sekarang siapa sih yang gaktau spotify?  Menurut wikipedia (lagi) Spotify adalah layanan musik streaming, podcast dan video komersial Swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media.

Bagi kamu yang menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik kesukaan, secara tidak langsung setiap harinya kamu sudah berhubungan dengan Artificial Intelligence. Playlist Discover Weekly yang dirilis Spotify pada tahun 2015 lalu mampu menggabungkan rekomendasi yang sesuai dengan bantuan AI. Mendasarkan analisisnya dari apa yang telah kamu dengarkan sebelumnya, Discover Weekly di Spotify memberikanmu playlist yang dipersonalisasi sehingga memberikan rangkaian rekomendasi musik yang sangat mungkin kamu sukai.. Tidak hanya memprediksi genre apa yang kamu sukai, Spotify juga bisa memberikan rekomendasi musik yang belum pernah kamu eksplor sebelumnya. Spotify  Menggunakan Kecerdasan Buatan yang bernama Machine Learning untuk meningkatkan keakuratan dalam memberikan playlist pilihan kepada para penggunanya. Dengan playlist bernama Discover Weekly, Spotify akan merekomendasikan beberapa lagu yang kemungkinan akan disukai oleh pendengarnya. 

Apa sih machine learning, cara kerjanya gimana?


Machine learning adalah aplikasi artificial intelligence (AI) yang menyediakan sistem kinerja secara otomatis serta belajar memperbaiki diri dari pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit. Pembelajaran mesin berfokus pada pengembangan program komputer yang bisa mengakses data dan menggunakannya untuk belajar sendiri.

Secara fundamental cara kerja machine learning adalah belajar seperti manusia dengan menggunakan contoh-contoh dan setelah itu barulah dapat menjawab suatu pertanyaan terkait. Proses belajar ini menggunakan data yang disebut train dataset. Berbeda dengan program statis, machine learning diciptakan untuk membentuk program yang dapat belajar sendiri.Dari data tersebut, komputer akan melakukan proses belajar (training) untuk menghasilkan suatu model. Proses belajar ini menggunakan algoritma machine learning sebagai penerapan teknik statistika. Model inilah yang menghasilkan informasi, kemudian dapat dijadikan pengetahuan untuk memecahkan suatu permasalahan sebagai proses input-outputModel yang dihasilkan dapat melakukan klasifikasi atau pun prediksi kedepannya. Untuk memastikan efesiensi model yang terbentuk, data akan dibagi menjadi data pembelajaran (train dataset) dan data pengujian (test dataset). Pembagian data yang digunakan bervariasi bergantung algoritma yang digunakan. Pada umumnya train dataset lebih banyak dari test dataset, misalnya dengan rasio 3:1. Test dataset digunakan untuk menghitung seberapa efesien model yang dihasilkan untuk melakukan klasifikasi atau prediksi kedepannya yang disebut test score. Semakin banyak data yang digunakan, test score yang dihasilkan semakin baik.
Gimana? Keren banget kan? Udahan dulu ya ngebahas tentang AI
Cant wait to talk another adorable things, see ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A bit about me

MASYARAKAT DESA DAN KOTA